Friday, March 18, 2011

LOMBA MORSE ITU MUDAH



Supriyadi Pejuang Perlawanan PETA terhadap Jepang di Blitar

Ada banyak jalan menuju Roma. Ungkapan itu pas sekali dengan perasaan saya ketika pertama kali belajar Pramuka. Ekstra Pramuka adalah ekstra wajib yang harus diikuti oleh siswa kelas 1-2 ketika saya masih SMP. Hal ini berlaku juga ketika belajar di SMA. Maklum saja, karena kegiatan ini telah terbukti mampu membentuk calon - calon penerus bangsa yang komplit. Komplit dalam budi pekerti dan ketrampilan serta intelektual.
Saya mempunyai cerita lucu dalam kegiatan Pramuka. Kegiatan lomba Pramuka di kwarcab Kudus. Dari beberapa mata uji yang dilombakan ada beberapa soal yang kurang saya kuasai yaitu morse dan semaphore. Saya sangat menyesalinya, apalagi setelah 5 tahun berselang saya baru menyadari bahwa morse dan semaphore mudah.

Berikut ini salah satu trik untuk menghapal morse:
Morse adalah sandi -sandi yang ditemukan oleh Samuel Morse. Sandi ini digunakan untuk mencegah bocornya informasi yang bersifat rahasia. Huruf morse menggunakan mengubah huruf2 ke dalam sandi huruf ( . ) dan ( - )
Kunci: semua vokal kecuali huruf O artinya setrip ( - )
dan yang lainnya mewakili tanda titik ( . )

A : AyO . -

B : BONAPARTE - . . .

C : COBA COBA - . – .

D : DOMINAN - . .

E : EGG .

F : FATHER JOHAN . . – .

G : GOLONGAN - – .

H : HIMALAYA . . . .

I : ISLAM . .

J : JAGO LORO . – - -

K : KOMANDO - . -

L : LEMONADE . – . .

M : MOTOR - -

N : NOTES - .

O : OTOMO - – -

P : PERTOLONGAN . – - .

Q : QOMOKARO - – . -

R : RASOHE . – .

S : SAHARA . . .

T : TONG -

U : UNESCO . . -

V : VERSIKARO . . . -

W : WINOTO . – -

X : XOXENDERO - . . -

Y : YOSIMOTO - . – -

Z : ZOROASTER - – . .

Itu sedikit trik untuk menghafal sandi morse, semoga bermanfaat bagi kakak-kakak pembina dan atau adik-adik Pramuka semua. Terimakasih. (Blaster)

No comments: